Perang Uhud

Perang Uhud
 Perang Uhud

Perang
 adalah suatu peristiwa yang akan mewarnai sejarah kehidupan dan peradaban manusia di muka bumi ini. Peristiwa perang biasanya terjadi dengan alasan adanya perselisihan antara dua belah pihak yang tidak mau mengalah terhadap suatu kepentingan. Baik itu kepentingan politik, ekonomi, sosial dan lain-lain.

Setelah terjadinya perang-perang melawan kaum Quraisy pada perang-perang sebelumnya. Terjadi lagi perang yang melawan kemusyirakan, yaitu perang melawan kaum Quraisy pada perang Uhud. Bagaiman kisah nya ? mari kita lihat sedikit.

Perang Uhud merupakan sebuah perang yang terjadi pada bulan Syawal yakni di tahun ketiga Hhijriah. Ketika terjadi perang ini, Rasulullah SAW memiliki pasukan berjumlah 650 pasukan infantri ditambah 200 pasukan dengan kendaraan. Adapun kendaraan yang digunakan dalam perang tersbut oleh pengikut Nabi Muhammad SAW berupa onta, kuda, maupun hewan tunggang lainnya yang bertujuan untuk menghadapi musuh umat muslim yakni 3000 orang musyrik yang dipimpin oleh pemimpin kaum Quraisy yakni Abu Sufyan.

Perang Uhud ini merupakan perang yang juga diinisiasi oleh kekalahan kaum Quraisy dari umat Islam sehingga menyatakan balas dendam. Perang uhud terjadi di jabal Uhud dimana memiliki bukit yang terdapat nilai sejarah penting dalam kebudayaan islam secara historis. Di bukit Jabal ini, peperangan terjadi dengan sangat memilukan. Pasukan muslimin yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW melakukan pertumpahan darah dengan saling bertempur habis-habisan menyerang kaum musyrik dari Kota Makkah.

Jabal Uhud menjadi saksi dimana terjadi kepiluan dalam sejarah Islam terkait perang yang dilakukan oleh Rasulullah. Pada perang ini, ratusan sahabat Nabi Muhammad diketahui gugur denganmati syahid. Adapun sosok yang gugur dalam perang Uhud ini seperti paman Rasulullah, Hamzah bin Abdul Muthalib yang gugur dan kemudian dimakamkan di Jabal Uhud. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengatakan, kaum Muslimin yang gugur dan dimakamkan di Uhud tak memperoleh tempat lain kecuali ruhnya berada pada burung hijau yang melintasi sungai Surgawi. Burung-burung itu memakan makanan dari buah-buahan yang ada di taman surga, dan tak akan pernah kehabisan makanan.

Adapun faktor yang menjadi penyebab dalam kekalahan perang Uhud yakni, dari sisi jumlah pasukan kaum Muslimin kalah jauh dibandingkan kaum musyrik Quraisy. Dari segi jumlah yang kalah banyak inilah kaum muslimin menjadi kewalahan sehingga dapat memicu kekalahan. Tidak hanya itu, kekalahan pada perang Uhud juga terjadi karena sebagai pasukan muslim diketahui melanggar perintah Nabi Muhammad SAW sebagai panglima perang. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kerusuhan dan ketidakkompakkan sehingga kekuatan umat muslim tidak begitu kuat untuk melawan kaum musyrik Quraisy.

Dengan kekalahan umat muslim ini yang dapat dipelajari adalah, senantiasa agar kita mnaati perintah rasul dan Allah. Agar selamat dijalannya. Jadi apakah kamu sudah menaati perintah Allah dan menghindari laranganNya ? 

[Kelautan][twocolumns]