Kenapa Kita Harus Mencintai Rasul

Kenapa Kita Harus Mencintai Rasul
 Kenapa Kita Harus Mencintai Rasul

Kenapa Kita Harus Mencintai Rasul

Cinta adalah perasaan positif yang kuat dan dirasakan oleh seseorang. Selain perhatian, dalam cinta juga membutuhkan rasa hormat yang akan membuat setiap individu saling menghargai dan orang yang dicintai dan terhindar dari perasaan eksploitasi. Bentuk cinta sangatlah banyak.

Namun sebagai umat islam, selain mengimani kita juga harus mencintai rasul sebagimana rasul mencintai kita dengan amat sangat besar melebihi apapun. Dengan mencintai dan mebgimani rasul niscaya hidup kita akan lebih tenang dan nyaman. Dengan kita mencintai rasul makan kita akan mendapatkan cinta yang lebih dari rasul dan Allah, yang kita rasakan disetiap harinya.

Kata Rasul diambil dari kata ‘risala’ yang mengandung arti ‘penyampaian’. Kata rasul ini pun kemudian diartikan sebagai seseorang yang mengemban amanah untuk diberikan wahyu serta kepercayaan oleh Allah SWT dimana juga memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umat-Nya.

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk mencintai Rasulullah sebagai nabi utusan Allah yang menyebarkan ajaran agama Islam. Nah, mengapa kita harus mencintai Rasulullah? Ketika kita mencintai Rasulullah maka Rasullah akan bersama dengan orang yang mencintainya. Hal ini juga dapat diartikan bahwa kita akan selalu bersama dengan apa yang kita cintai. Apabila diimplementasikan dengan baik, maka ketika kita mencintai sesuatu maka perilaku kita akan dipengaruhi oleh sesuatu tersebut.

Cinta kepada Rasulullah dapat dijadikan sebagai landasan untuk mengenal lebih dekat mengenai Nabi Muhammad SAW. Hal ini disebabkan karena cinta dapat menjadi pengantar yang mampu membawa kita agar terus mengenal Rasul dan mencerminkan diri terhadap seluruh perilaku dan perbuatannya. Dalam iman, mencintai Rasulullah merupakan suatu keharusan. Mencintai Rasulullah merupakan sebuah prinsip sehingga bersifat mutlak bukan lagi option yang menawarkan pilihan antara iya atau tidak. Sebagai seorang muslim harus memiliki rasa cinta kepada nabi dan rasul, bagaimanapun bentuk dan seberapapun ukurannya. Namun, apabila ditinjau secara ideal maka rasa cinta kepada Rasulullah harus lebih dari segala sesuatu yang kita miliki, juga diri sendiri karena hal tersebutlah yang disebut sebagai hakikat iman yang paling sempurna.

Sebelum mencintai Rasulullah, tentu saja kita harus mengenal lebih dekat bagaimana sosok Rasulullah tersebut. Hal yang dapat dimulai untuk mulai mengenal Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul adalah dengan membaca riwayat hidup dari Nabi Muhammad. Data historis yang terdapat dalam riwayat hidup tersebut pastinya memiliki berbagai pelajaran yang dapat dijadikan teladan yang berharga untuk menjalani kehidupan saat ini.

Dari situlah dapat disimpulkan bahwa alasan utama untuk mencintai Rasulullah adalah karena suatu keharusan dalam iman dimana mempercayai adanya nabi dan Rasul adalah wajib sehingga mencintai Rasulullah juga sangat dianjurkan agar senantiasa berada di jalan yang benar untuk mengikuti jejak Rasulullah selama hidupnya.

Bagiamana ? apakah kamu sudah mencintai rasul sebagaimana rasul mencintai kita dengan amat besar? 

[Kelautan][twocolumns]