Kisah Nabi Sulaiman, Orang Terkaya Di Dunia

Kisah Nabi Sulaiman, Orang Terkaya Di Dunia
 Kisah Nabi Sulaiman, Orang Terkaya Di Dunia

Kisah Nabi Sulaiman,  Orang Terkaya Di Dunia

Siapa yang tidak ingin menjadi sukses dan mempunyai harta yang berlimpah ? pasti hampir semua orang ingin mempunyai hidup yang nyaman dan nikmat. Namun untuk memiliki itu semua tentu saja akan dibutuhkan usaha dan ikhiar yang terus menerus. Tidak ada yang instan dalam mencapai suatu hal. Saat akan menjadi sukses kita harus senantiasa untuk melakukan upaya agar mencapai tujuan yang kita inginkan.

Jika anda ingin menjadi kaya, maka anda harus menyimak cerita dari nabi kita yang sangat kaya raya, bahkan Beliau adalah orang terkaya yang ada di muka bumi. Bagaimana kisahnya ? mari kita intip sedikit tentang kisahnya. Siapakah dia ? ya, Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman AS merupakan putra Nabi Daud AS. Ia mewarisi sifat dan kemampuan ayahnya yakni berbicara dengan hewan. Selain terkenal sebagai seseorang yang dapat berbicara dengan hewan, Nabi Sulaiman bahkan diklaim sebagai orang terkaya di dunia. Klaim ini bukan hanya persepsi belaka melainkan dalam kitab Al-Quran, al0kitab dan Injil disebutkan bahwa Nabi Sulaiman merupakan manusia terkaya yang pernah hidup di muka bumi sepanjang masa. Adapun kekayaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman mencapai 2,2 triliun dolar AS dimana diperkiran berkuasa selama hampir 40 tahun. Namun, dalam Al-Quran disebutkan bahwa kekayaan Nabi Sulaiman snagat banyak hingga jumlahnya tak dapat digambarkan dan tak dapat dihitung jumlahnya.

Dalam sebuah kisah, disebutkan cerita bahwa setiap tahunnya Nabi Sulaiman menerima upeti berupa emas sebanyak 25 ton. Dalam hal ini Nabi Sulaiman menduduki posisi pertama apabila didasarkan dengan konversi pajak, suku bunga, dan tingkat inflasi total. Dengan demikian memang benar bahwa Nabi Sulaiman dapat dikatakan sebagai manusia terkaya di muka bumi. Sebelum Nabi Sulaiman lahir, gelar manusia terkaya dipegang oleh ayah Nabi Sulaiman yakni Nabi Daud AS.

Kisah terdahulu menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman merupakan utusan Allah yang bertugas untuk memimpin Bani Israil. Nabi Sulaiman memiliki sifat sebagai pemimpin yang sangat baik namun juga bijaksana. Hal inilah yang menjadikan rakyat dalam wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman menjadi makmur. Kisah menarik lainnya yang menunjukkan betapa kayanya Nabi Sulaiman adalah ketika Nabi Sulaiman memberikan makanan pada seluruh makhluk hidup. Sebagai seorang raja yang memiliki harta melimbah dan kekuasaan yang tinggi, Nabi Sulaiman pernah memiliki niat untuk “membantu” Allah SWT dalam memberikan makan pada seluruh makhluk hidup. Bagi Nabi Sulaiman, hal ini bukanlah perkara yang sulit diwujudkan. Oleh karena itu, Nabi Sulaiman pun berdoa kepada Allah, dan Allah pun menjawab doa tersebut dengan mempersilakan Nabi Sulaiman untuk melakukan kegiatan berbagi yang akan dilakukannya pada seluruh makhluk hidup.

Namun, ternyata Allah tak semata-mata mengabulkan keinginan Nabi Sulaiman, ketika Nabi Sulaiman meminta Allah untuk mengumpulkan seluruh penduduk darat dan laut, Allah SWT hanya memunculkan ikan besar untuk menyantap hidangan yang disajikan oleh Nabi Sulaiman. Setelah menyantap habis sajian dari Nabi Sulaiman, ikan besar tersebut mengungkapkan bahwa ia belum kenyang. Melihat kejadian tersebut, Nabi Sulaiman pun akhirnya tersadar, bahwa sekaya apapun dirinya hanya Allah yang dapat memberikan rejeki pada seluruh mahkluk hidup hingga seluruhnya merasa kenyang. Sedangkan Nabi Sulaiman yang sudah menyiapkan makanan begitu banyak dan dengan susah payah, pada akhirnya tak dapat membuat satu ekor ikan pun merasa kenyang. Apalagi jika ia menyuguhkan makanan kepada seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini.

Cerita yang sangat menginpirasi dan membuat kagum kita semua. Sikap yang harus di contoh oleh kita semua. Jika ingin sukses, maka hal yang harus dilakukan adalah iktiar, selain itu jangan lupa senantia untuk selalu melibatkan tuhan dalam setiap langkah yang kita ambil, agar selalu dalam lindunganNya adan mendapatkan ridhoNya.

[Kelautan][twocolumns]