[Bisnis][bsummary]
[Kelautan][bigposts]

Usai Dilantik, SNNU NTB “Ngegas” Siap Bantu Kesejahteraan Nelayan di NTB

SNNU NTB “Ngegas” Siap Bantu Kesejahteraan Nelayan
Usai Dilantik, SNNU NTB “Ngegas” Siap Bantu Kesejahteraan Nelayan di NTB

Usai Dilantik, SNNU NTB “Ngegas” Siap Bantu Kesejahteraan Nelayan di NTB
Ketua Umum Pengurus Pusat Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (PP SNNU) PBNU H Witjaksono, resmi melantik Pimpinan Wilayah (PW) SNNU NTB di Hotel Jayakarta Batulayar Lombok Barat Ahad, (6/9/2020).


Dalam sambutannya, Ketua Umum PP SNNU PBNU H Witjaksono menyampaikan, tingkat kesejahteraan nelayan di seluruh perairan Indonesia termasuk NTB masih sangat rendah. Hal ini dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia, Sarana Prasaran dan perhatian pemerintah yang belum maksimal.

“Kajian PP SNNU, kualitas dan hasil tangkapan nelayan kita terutama di perairan NTB masih belum maksimal karena keterbatasan SDM, sarana  juga perhatian pemerintah. ini salah satu yang akan diperjuangkan SNNU di NTB” Ungkapnya.

Selain itu kata dia, para nelayan juga rata-rata kesulitan dalam mengakses permodalan di perbankan. Sehingga salah satu yang harus dilakukan SNNU adalah membantu mereka untuk bisa tersambung dengan lembaga-lembaga keuangan dan lembaga permodalan di daerah,

Sementara itu, ketua SNNU terlantik Heri Widodo dalam kesempatan yang sama menyatakan siap mengemban amanah yang diberikan kepadanya untuk mengurus nelayan Nahdliyyin di NTB.

Dikatakannya, persoalan nelayan di NTB sangat banyak, sehingga butuh keterlibatan banyak pihak terutama pemerintah daerah dalam memfasilitasi dan melayani para nelayan dengan maksimal.

“Hasil tangkapan mereka sedikit karena mereka masih menerapkan model tangapan tradisional. Kedepan mereka diharapkan bisa memiliki sarana yang memadai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka mengeksplorasi dan mengeksploitasi hasil laut.” Jelas Heri.

Ia juga menyataan siap bekerjasama dengan pemerintah pusat maupun daerah dalam program pemberdayaan para nelayan di NTB.

“Walaupun baru dilantik, kami menyatakan siap bermitra dan mengembangkan segala program yang telah dijalankan dan yang akan dijalankan Pemerintah Pusat maupun Provinsi NTB di bidang kelautan dan perikanan.” Tambahnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB Yusron yang juga hadir di acara pelantikan PW SNNU NTB ini mengatakan, program NTB kedepan tidak hanya soal pengolahan ataupun hasil tangkap, tetapi lebih jauh lagi adalah mengembangkan industrialisasi untuk semua hasil laut perairan NTB.

“Kami menyambut baik dilantiknya PW SNNU NTB, pintu kantor kami terbuka lebar. Mari kita bersama-sama membantu para nelayan agar kehidupannya lebih baik. Kami siap berkolaborasi dengan PW SNNU diwaktu-waktu yang akan datang,” Tandasnya.

Sekretaris PWNU NTB H L Aksar Ansori dalam sambutan singkatnya berharap, pengurus PW SNNU yang sudah dilantik dapat bekerja maksimal dan dapat membantu para nelayan menemukan solusi kongkrit atas persoalan-persoalan yang mereka hadapi di NTB.

“PW SNNU ini banom baru, mumpung masih segar, kami berharap pengurusnya bergerak cepat. Berikan solusi kongkrit kepada masyarakat. Sambungkan mereka dengan pemerinta, bela kepentingan mereka sebab kekayaan laut kita sangat melimpah,” Pesan mantan Ketua KPU NTB ini.

Selain Ketua Umum SNNU H Witjaksono dan Sekretaris PWNU NTB H Aksar Ansori, hadir pula Anggota Komisi II DPRD NTB Moh Akri, Rektor UNU NTB Baiq Mulianah, sejumlah pimpinan lembaga dan badan Otonom PWNU NTB dan perwakilan nelayan dari beberapa wilayah di NTB.

Dalam kesempatan itu, PP SNNU juga memberikan bantuan mesin tangkap langsung kepada sejumlah nelayan yang hadir di acara pelantikan.
[Kelautan][twocolumns]