[Bisnis][bsummary]
[Kelautan][bigposts]

Debat Rizal Ramli Vs Luhut Binsar Panjaitan, Witjaksono Usul Dua Tokoh Ini Segera Duduk Bersama

Debat Rizal Ramli Vs Luhut Binsar Panjaitan,
Rizal Ramli saat bersama Luhut Binsar Pandjaitan beberapa tahun lalu

Siapa yang tidak mengenal Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan? Rizal Ramli adalah salah satu Menteri Ekuin pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Sementara itu, Luhut Binsar Panjaitan adalah Menko Maritim dan Investasi pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan diharapkan dapat segera dilakukan oleh keduanya, terlebih karena adanya pertentangan yang terjadi di antara keduanya yang akhir-akhir ini terjadi. Hal ini terjadi karena Luhut Binsar Panjaitan mangatakan jika ingin bertemu dengan siapa pun yang mengkritik pemerintahan Jokowi. Hal ini disambut dengan respons Rizal Ramli yang meminta Luhut membawa seluruh tim ekonomi Kabinet Indonesia Maju.

Sama-sama menjadi tokoh bangsa, tentunya ketika pandemi Covid-19 yang terjadi ini membuat banyak orang mengharapkan kedua tokoh ini untuk bertemu. Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan, diharapkan dapat tatap muka supaya ikut memberi sumbangan pemikiran atas kondisi keuangan Indonesia. Salah satunya adalah Ketua SNNU, yakni Witjaksono.

Ketua SNNU atau Serikat Nelayan Nahldatul Ulama berharap supaya adanya Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan dapat digunakan sebagai silang pendapat agar adanya masukan satu sama lain untuk membangun kebijakan baru. Perekonomian Indonesia yang sedikit goyah karena pandemi ini membuat banyak sekali opsi kebijakan baru. Salah satunya adalah kebijakan untuk menambah beban utang negara.

Witjaksono sebagai Ketua SNNU beranggapan jika kebijakan menambah beban utang negara dialokasikan untuk mendongkrak sektor riil, tentunya akan menambah efek positif bagi kehidupan ekonomi negara. Oleh karena itu, Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar sangat dinantikan karena keduanya tokoh ekonom yang dinilai cerdas. Dengan adanya pertukaran pendapat di antara keduanya, diharapkan dapat memberikan solusi untuk perekonomian bangsa Indonesia saat ini.

Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan diharapkan segera dilakukan. Bagi Ketua SNNU yang juga seorang pengusaha, tentunya pertemuan keduanya akan berpengaruh besar karena akan membantu pemerintah ketika merumuskan kebijakan baru. Sebagai seorang pengusaha, Witjaksono beranggapan jika mempertahankan stabilitas ekonomi, pemerintah memiliki tantangan yang berat.

Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan serta adanya tukar pendapat para ahli ekonomi di Indonesia, diharapkan mampu berpikir konstruktif mengenai ekonomi Indonesia, baik itu utang negara atau kebijakan lainnya yang menjadi langkah berat untuk mempertahankan stabilitas ekonomi negara. Ketua SNNU mengatakan, “Jangan bicara tabu mengenai utang negara, sepanjang konstruksi utang itu baik dan memberikan efek positif untuk ekonomi.”

Ketua SNNU yang juga merupakan pengusaha profesional berpendapat jika dalam kondisi negara yang sedang krisis karena pandemi Covid-19 ini terutama dalam sektor ekonomi, para tokoh bangsa dapat duduk bersama untuk mencurahkan pikiran konstruktif agar dapat bangkit dari krisis ekonomi. Oleh karena itu, Debat Rizal Ramli dan Luhut Binsar Panjaitan diharapakan segera dilakukan dalam waktu dekat. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 ini yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhirnya.




[Kelautan][twocolumns]