Inilah Daftar Sahabat Nabi yang Jadi Pengusaha

Inilah Daftar Sahabat Nabi yang Jadi Pengusaha
Inilah Daftar Sahabat Nabi yang Jadi Pengusaha

Ternyata, tidak hanya Nabi yang memiliki profesi sebagai pedagang. Namun, para sahabat Rasulullah juga sukses menjadi pengusaha. Sahabat Rasulullah ini mengikuti teladan dari nabi Muhammad dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga usaha yang dijalankan dapat lebih maju dan berkembang. Apabila Anda penasaran dengan pembahasan kali ini, maka akan disampaikan mengenai daftar sahabat nabi yang menjadi pengusaha di masa lampau.

Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf merupakan salah satu sahabat Rasulullah yang memiliki kemampuan dalam melakukan bisnis atau pun usaha. Awal mula kesuksesan Abdurrahman bin Auf sebagai pebisnis dan pengusaha adalah ketika dia ikut hijrah ke Madinah bersama dengan Rasulullah SAW. Ketika hijah tersebut, Nabi Muhammad memperkenalkan Abdurrahman bin Auf kepada Sa’ad bin Rabi yang sangat kaya. Momen tersebut dimanfaatkan oleh Abdurrahman bin Auf dengan meminta Sa’ad bin Rabi untuk menunukkan pasar di Madinah sehingga Aburrahman Wahid dapat mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Ustman bin Affan

Sewaktu muda, Ustman bin Affan mampu menjadi pengusaha yang sukses. Utsman bin Affan ini merupakan sosok sahabat sekaligus menantu dari Rasulullah yang dikenal dengan sebutan “Saudagar kain yang dermawan.” Dalam hal ini, selain berfokus untuk berdagang, Utsman bin Affan juga rajin bersedekah untuk menyalurkan kekayaannya melalui pembangunan fasilitas umat Islam dan upaya untuk menunjang kemahsyuran Islam. Adapun prinsip yang digunakan oleh Utsman bin Affan sangat menarik yaitu ketika ia memegang peranan sebagai pengusaha maka ia akan terus memberi dan membantu saudara seumat muslim maupun non muslm dimana Allah SWT tidak berharap imbalan apapun. Bahkan kekayaan yang dimiliki oleh pengusaha maupun pebisnis hanya sebagai titipan yang tidak selamanya ada.

Abu Bakar Ash-Shidiq

Nama Abu Bakar sendiri pastinya sudah tidak asing dimana Abu Bakar sering disebut-sebut sebagai sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Ternyata, Abu Bakar juga merupakan pengusaha sukses pada zamannya. Abu Bakar Ash-Shidiq juga merupakan pemimpin umat Islam setelah meninggalnya Rasulullah. Abu Bakar ini menjadi seorang pengusaha dan pedagang yang memiliki sikap jujur, adil, memiliki wawasan yang luas, juga dermawan.

Urwah Al-Bariqi

Urwah Al-Bariqi juga merupakan sahabat nabi yang sukses menjadi pengusaha dimana memiliki kekuatan yang handal dalam melakukan komunikasi dan negosiasi dengan berbagai relasi. Kemampuan itulah yang menghantarkan Urwah Al-Bariqi menjadi sosok yang sukses dalam berbisnis.

Umar bin Khatab

Umar bin Khatab juga merupakan sosok yang sukses menjadi pengusaha properti. Hal yang dapat menghantarkan Umar bin Khatab menjadi pengusaha sukses adalah sifat yang tegas. Hal tersebut membuat Umar bin Khatab menjadi pengusaha yang disegani jazirah Arab pada masa itu.

Hal ini menjadi jalan terang kita bagi pembisnis untuk terus membaca perjalanan bisnis Nabi dan Sahabatnya agar kita mampu mengikuti jejak-jejaknya dalam tata cara berbisnis sampai bagaimana kita mampu untuk sukses dengan tidak menghalakan segala cara.

[Kelautan][twocolumns]